cara mengobati gusi bengkak secara alami dan cepat - Apakah Anda memiliki gusi yang bengkak? Jika demikian, Anda mengalami 'pembengkakan gingival' dalam istilah

Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami Dan Cepat



Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami Dan Cepat - Apakah Anda memiliki gusi yang bengkak? Jika demikian, Anda mengalami 'pembengkakan gingival' dalam istilah medis. Anda mungkin sering mengalami banyak ketidaknyamanan dan rasa sakit yang membuat kehidupan sehari-hari sulit bagi Anda. Mengkonsumsi makanan atau bahkan minum air dingin sedikit terasa nyeri. Lalu apa obat gusi bengkak yang bisa Anda coba? Anda ingin menyembuhkan pembengkakan gusi Anda? Jangan khawatir jika gusi Anda tidak bisa diobati karena ada banyak cara mengobati gusi bengkak secara alami dan cepat yang bisa Anda lakukan untuk mengobati gusi yang bengkak. Tapi, apakah yang menyebabkan gusi itu bengkak? Dan apa gejala dari gusi yang bengkak? Berikut ini cara mengobati gusi bengkak secara alami dan cepat :



Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami Dan Cepat

Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami Dan Cepat



1. Garam



Anda perlu mengambil 1 sendok makan garam dan larutkan ke dalam segelas air hangat. Bilas mulut Anda dengan air hangat tersebut. Ulangi cara ini pada pagi dan malam hari, dan juga setelah makan.
 Air asin adalah salah satu solusi yang paling umum digunakan untuk masalah mulut.

Garam bisa menetralkan pH mulut dan menenangkan gusi yang meradang. Garam juga membantu meringankan pembengkakan dengan sifat anti-inflamasi.


2. Minyak Cengkeh



Untuk bisa mengobati gusi Anda yang bengkak, Anda perlu menggunakan 2-3 tetes minyak cengkeh dan oleskan minyak cengkeh tersebut pada gusi Anda yang bengkak dan pijat dengan lembut.
 Anda juga dapat menggunakan minyak cengkeh dicampur dengan lada hitam untuk mengurangi peradangan dan rasa sakit di gusi.

Para ahli juga merekomendasikan untuk mengunyah cengkeh untuk mendapatkan hail yang maksimal. Oles cengkeh tersebut selama 15 menit kemudian kumur dengan air hangat. Minyak cengkeh adalah obat alami yang sering digunakan untuk mengobati gusi bengkak.

Pembengkakan di gusi Anda dapat dikurangi dengan minyak esensial ini karena mengobati infeksi dengan sifat antimikrobanya. Cengkeh juga merupakan analgesik dan akan memberikan bantuan dari rasa sakit yang mungkin Anda alami di gusi.


3. Jahe


Jahe juga bermanfaat untuk menyembuhkan gusi yang bengkak.  Siapkan sepotong kecil jahe dan  1/2 sendok teh garam kemudian  hancurkan dan tumbuk jahe. Setelah jahe halus, maka  tambahkan garam ke dalamnya sampai bercampur dan menjadi halus.

Gosokkan ramuan alami ini pada bagian gusi yang bengkak dan biarkan selama 10-12 menit. Setelah itu  bilas mulut Anda dengan air biasa. Seberapa sering Anda harus melakukan cara ini? Tentu saja Anda perlu melakukannya selema 2-3 kali dalam sehari. Jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan mengandung antioksidan yang akan mengurangi pembengkakan di gusi Anda.


4. Baking Soda

Banyak orang yang menderita gusi bengkak dan menggunakan baking soda sebagai obat alami untuk mengobatinya. Baking soda mampu menjadi antiseptik dan antibakter sehingga  mengobati infeksi yang menyebabkan pembengkakan. Baking soda juga mengurangi peradangan gusi dan meredakan rasa sakit.

Siapkan 1 sendok teh baking soda dan  1 buah kunyit kemudian campur baking soda dengan kunyit yang telah Anda haluskan. Setelah itu campurkan dua bahan tersebut dan pijat gusi Anda dengan tempelkan ramuan tadi selama 10-12 menit.  Bilas mulut Anda dengan air bersih. Menggunakan baking soda untuk menyikat gigi juga bisa mengobati gusi bengkak. Ulangi cara  ini setiap pagi dan setiap malam.


5. Jus lemon

Lemon mengandung senyawa antimikroba yang akan membunuh mikroba yang menyebabkan infeksi pada mulut Anda. Mikroba inilah yang  mengakibatkan pembengkakan pada  gusi Anda. Lemon sebagai treatment obat gusi bengkak juga mampu menyeimbangkan pH di mulut Anda

Anda hanya perlu menyiapkan  1 sendok perasan lemon, segelas air hangat dan tambahkan 1-2 tetes minyak esensi bunga mawar . Campurkan perasan lemon dengan air dan minyak essensial kemudian berkumurlah dengan ramuan tersebut.. Berkumurlah secara rutin 2 kali setiap hari sampai Anda merasa lega dan gusi menjadi tidak lagi nyeri.


6. Minyak esensial

Menambahkan beberapa tetes minyak pohon teh  ke pasta gigi Anda ketika Anda menyikat gigi juga dapat memiliki efek positif untuk meredakan gusi bengkak. Gunakan obat kumur ini selama 2 kali sehari. Minyak chamomile, tea tree dan peppermint dapat berkhasiat untuk menghilangkan rasa sakit dari gusi bengkak.

Pohon teh dan minyak peppermint adalah agen antimikroba yang kuat, dan minyak chamomile bisa menenangkan gusi yang meradang dan  mengurangi pembengkakan dan rasa sakit
Cara yang bisa Anda lakukan dengan menggunakan minyak untuk menyembuhkan gusi adalah siapkan

1. 2 tetes minyak esensial chamomile
2. 2 tetes minyak esensial tea tree
3.  2 tetes minyak esensial peppermint
4.  Segelas air hangat

Tambahkan ketiga minyak esensial di atas ke segelas air hangat dan bilas mulut Anda selama 2-3 menit. Setelah itu  bilas mulut Anda dengan air bersih setelahnya.


7. Daun Lawsonia Inermis

Daun Lawsonia Inermis pada umumnya sering disebut sebagai “pacar” karena  daun ini bisa memberikan warna merah pada kuku. Selain itu Daun Lawsonia Inermis bersifat antibiotik dan akan membantu menghilangkan bakteri berbahaya dari mulut. Jadi bagi Anda yang sedang merasakan gigi yang bengkak, maka Anda perlu menggunakan Daun Lawsonia Inermis.

Cara menggunakan ramuan ini adalah Anda hanya perlu merebus Daun Lawsonia Inermis dalam air selama sekitar 15 menit. Tunggu sampai air rebusan tadi dingin setelah itu gunakan untuk berkumur. Ramuan alami ini efektif untuk menyembuhkan rasa sakit karena gusi bengkak. Anda perlu melakukan cara ini 2 kali sehari secara rutin sampai rasa nyerinya hilang.


8. Minyak Biji Jarak

Minyak biji jarak adalah obat alami yang bisa menyembuhkan pembengkakan gusi. Minyak biji jarak bisa berfungsi sebagai analgesik dan akan menyingkirkan rasa sakit pada gusi.  Minyak jarak memberikan efek anti-inflamasi pada pembengkakan. Siapkan beberapa tetes minyak biji jarak dan tempelkan ke gusi yang bengkak. Lakukan secara rutin selama 2 kali sehari sampai gusi Anda benar-benar sembuh.


9. Tanaman Pilang

Pilang atau kabesak adalah sejenis pohon dari suku Fabaceae yang bisa dikatakan masih jarang ada di Indonesia. Meski demikian, tanaman ini adalah obat yang ampuh untuk menyembuhkan gusi bengkak. Obat ini terbukti bisa menghilangkan nyeri gusi dan telah digunakan selama bertahun-tahun lamanya.

Anda bisa mengunyah tanaman ini untuk menjaga gigi Anda bersih dan sehat. Tanaman ini mengandung senyawa antimikroba yang dapat membunuh bakteri umum yang ada di mulut manusia. Menggunakan obat ini akan menyembuhkan Anda dari radang karena gusi bengkak.

Rebuslah kulit pohon pilang ke dalam air selama 5-7 menit. Tunggu sampai benar-benar dingin dan gunakan obat tersebut sebagai obat kumur. Kumur mulut Anda dengan ramuan tersebut selama 3-4 kali sehari.


10. Daun lidah buaya

Gel yang diekstraksi dari lidah buaya i memiliki sifat antibakteri, anti-inflamasi, dan antioksidan. Lidah buaya dipercaya mampu menyembuhkan pembengkakan nyeri di gusi Anda dan membunuh bakteri berbahaya.  Siapkan satu potong lidah buaya yang ada di dalam daun dan oleskan pada gusi.
 Biarkan selama mungkin dan kemudian bilas mulut Anda dengan air bersih.

Anda juga dapat menggunakan gel lidah buaya untuk berkumur dengan mencampurkan pada air hangat. Gunakan ramuan alami tersebut untuk pengobatan gusi bengkak.  Oleskan gel lidah buaya atau berkumur dengan ramuan ini selama 2 kali sehari.


11. Kunyit

Kunyit adalah agen antimikroba yang kuat dan berguna dalam mengurangi peradangan dan mempercepat proses penyembuhan gusi yang bengkak. Anda perlu menyiapkan :

1.  1 sendok teh kunyit dan tumbuk halus
2. 1/2 sendok teh garam
3. 1/2 sendok teh minyak mustar

Buatlah pasta dengan bahan-bahan di atas dan oleskan pada gusi Anda yang bengkak.  Oleskan ramuan di atas selama 10-12 menit kemudian  bilas kunyit dengan air. Ulangi  cara ini selama 2kali sehari.


12. Cuka sari apel

Cuka sari apel bukan hanya bermanfaat untuk menghilangkan jerawat pada wajah dan kesehatan wajah lainnya. Namun cuka sari apel juga mengandung asam ringan yang mengembalikan keseimbangan pH di mulut Anda, dan mengurangi infeksi dan pembengkakan pada gusi Anda.

Gunakan 1 sendok makan cuka sari apel dan segelas air kemudian campur cuka dengan air dan gunakan untuk berkumur. Lakukan cara ini selama 2 kali sehari secara rutin sampai gusi Anda mulai membaik.


13. Ekstrak vanili

Ekstrak vanili bukan hanya berfungsi untuk menyedapkan makanan saja. Tapi ekstrak vanili juga bisa menjadi antiseptik dan analgesik yang sering digunakan untuk menghilangkan rasa sakit di gusi dan gigi. Siapkan ekstrak vanili dan segelas air hangat kemudian kumur ramuan tersebut selama 2-3 kali

Anda juga bisa   mengaplikasikan ekstrak vanili pada gusi Anda yang bengkak dengan menggunakan jari yang bersih.


14. Garam Epsom

Garam Epsom yang dilarutkan dalam air hangat mampu meredakan rasa nyeri pada gusi yang bengkak dan meredakan peradangan dan rasa sakit. Garam epsom juga bisa menjadi antibakteri yang dapat mengobati infeksi yang menyebabkan masalah pada gigi.

Anda hanya perlu menyiapkan   1 sendok teh garam Epsom dan segelas air hangat kemudian aduk hingga larut. Setelah itu berkumurlah dengan ramuan tersebut, namun Anda perlu hati-hati! Jangan  sampai Anda menelan air garam Epsom. Cobalah untuk berkumur dengan ramuan ini setiap pagi setelah bangun tidur dan malam hari, sebelum tidur.


15. Minyak wijen

Minyak wijen adalah obat alami yang bisa menjaga kebersihan mulut. Minyak wijen mengurangi bakteri di mulut Anda dan juga mencegah pembentukan plak. Cobalah untuk mengambil 1 sendok makan minyak wijen dan masukkan ke mulut Anda.

Berkumurlah selama sekitar 10 menit sebelum meludahkannya dan bilas mulut Anda dengan air hangat. Setelah itu gosok gigi Anda dengan normal. Anda dapat melakukan cara ini selama beberapa hari yang Anda inginkan sampai gusi Anda sembuh. Pastikan untuk tidak menelan minyak wijen.


16. Kompres air hangat atau dingin

Mengkompres dengan air hangat atau dingin adalah salah satu cara instan untuk meredakan Anda dari gusi bengkak dan membantu mengurangi rasa sakit. Namun, jangan sampai Anda menaruh kompres di mulut Anda tetapi peganglah kompres ke wajah Anda sebagai gantinya.

Cobalah untuk mengambil kain bersih dan taruh di air hangat lalu tahan ke wajah Anda selama 5 menit. Kemudian taruh kain dalam air dingin dan pegang ke wajah Anda sampai Anda merasa gusi Anda menjadi lebih nyaman. Ulangi cara ini sebanyak mungkin yang Anda perlukan.


17. Kantong teh hitam

Obat gusi bengkak selanjutnya adalah kantong teh hitam. Kantong teh hitam mengandung tanin yang membantu menyembuhkan peradangan. Rebus kantong teh hitam dalam air selama tiga menit sebelum mengeluarkannya dan tunggu hingga dingin. Letakkan kantong teh di wajah Anda dekat area gusi yang bengkak selama 10 menit. Bilas mulut Anda dengan air hangat dan pastikan untuk mengulanginya setiap hari.


18. Kantong teh

Sama halnya dengan kantong teh hitam, kantong teh juga memiliki zattanin yang tinggi untuk meredakan rasa sakit dalam gusi. Kandungan tanin yang tinggi memang terdapat pada kantong teh hitam, teh hijau, atau bahkan teh kembang melati.  Anda juga bisa memilih teh yang mengandung ramuan anti-inflamasi, jahe atau chamomile untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Obat anti-inflamasi akan menenangkan, sementara tanin akan menyerap apa pun yang mengiritasi gusi. Ambillah sebungkus teh segar dan tuangkan dalam air mendidih selama 5 menit, seperti yang Anda lakukan untuk membuat teh. Kemudian, ketika kantong teh cukup dingin untuk disentuh, oleskan langsung ke gusi yang menyakitkan selama 5 menit.


19. Serbuk Cengkeh


Bumbu rempah-rempah tertentu dapat diubah menjadi obat alternatif menyembuhkan radang gusi dan nyeri. Serbuk cengkeh dan kayu manis, keduanya adalah herbal analgesik atau penghilang rasa sakit yang ampuh menyembuhkan rasa sakit pada gusi Anda. Kedua ramuan  ini adalah obat i alternatif, penghilang rasa sakit oral tradisional untuk waktu yang lama.

Ramuan ini mengandung anti-inflamasi yang baik untuk menyembuhkan rasa sakit Anda.
Untuk menggunakan perawatan menggunakan cengkeh ini, Anda bisa mencampurkan ramuan ini  dengan sedikit air hangat  dan  terapkan langsung ke gusi Anda sampai rasa sakit mereda. Tunggu hingga 10 menit lamanya kemudian bilas mulut Anda dengan air.


20. Gel anestesi oral


Gel  anestesi oral mengandung senyawa alami dan sintetis yang membantu rasa nyeri dan mengobati rasa sakit pada gusi. Anda bisa menggunakan obat ini untuk menyembuhkan rasa nyeri Anda dan ikuti instruksi pada kemasan.


21.  Semprot  gigi buatan sendiri


Anda bisa menggunakan pasta gigi sendiri yang terbuat dari  minyak pepermin, oregano, dan cengkeh. Bahan-bahan ini memiliki khasiat untuk menyembuhkan peradangan. Gunakan  botol semprot bersih kecil yang tidak pernah digunakan dan tambahkan air. Masukkan sekitar lima tetes minyak esensial  dan semprot sesuai kebutuhan.


22. Obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas


Obat penghilang rasa sakit aspirin, acetaminophen, dan ibuprofen dapat membantu rasa sakit gusi Anda dalam keadaan darurat. Jika rasa sakit itu berlangsung lama dan pengobatan alami tidak berfungsi, maka Anda bisa menggunakan obat aspirin, acetaminophen, dan ibuprofen sebagai  pilihan terakhir untuk dicoba. Anda dapat menggunakannya sendiri dengan mengikuti petunjuk pada label botol.


Apa Penyebab Gusi Bengkak?


Gusi bengkak biasanya disebabkan oleh :

1. Plak dan karang gigi di mulut Anda dapat menyebabkan pembengkakan gusi (Gingivitis).

2.  Ketika infeksi gingiva berkembang, pembengkakan gusi berlanjut di mulut (Periodontitis).

3.  Infeksi virus atau jamur

4.  Iritasi karena kawat behel

5.  Kehamilan

6.  Alergi dan kepekaan terhadap  makanan

7.   Cedera gusi


Gejala Untuk Gusi Bengkak


Beberapa gejala umum yang datang ketika terjadi pembengkakan gusi adalah :

1. Pendarahan gusi
2. Gusi merah dan bengkak
3.  Rasa sakit dan nyeri dalam waktu yang lama
4.   Terdapat celah di antara gigi
5.   Bau mulut


Penutup


Demikianlah artikel yang membahas tentang cara mengobati gusi bengkak secara alami dan cepat, semoga teman teman semua dapat mengambil sedikit pelajaran dari artikel ini, selamat mencoba.